Dapat BLT Ke-2, Nenek 93 Tahun Asal Desa Sindanglaya Garut ini Menangis Terharu

oleh -89 Dilihat
oleh

Garut, faktadanrealita.com-

SEORANG Nenek bernama Uneh (Ma Uneh), janda berumur 93 tahun warga desa Sindanglaya kecamatan Karangpawitan menangis terharu setelah ia menerima Bantuan Langsung Tunai bulan ke-2 yang berasal dari Dana Desa (BLT DD) dengan nominal bantuan sebesar Rp600.000 untuk setiap bulannya selama 4 bulan kedepan.

Pembagian Program Bantuan Langsung Tunai Dari Dana Desa (BLT DD) tahap ke-2 kepada 99 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), diserahkankan langsung oleh Kades Sindanglaya, Nina Marlina ke setiap rumah KPM, pada Minggu (31/05/2020) kemarin.

Dalam pembagian BLT DD tersebut, ikut hadirĀ  Babinsa 1102/krp Sertu Bagiyo, LPM, BPD, Ketua RW dan Pendamping Desa Sindanglaya.

“Dalam pembagian BLT DD ini saya tekankan terus kepada para KPM bahwa tidak ada potongan apapun, jadi dana BLT DD yang diterima utuh Rp 600.000,” tegas Nina.

Nina menambahkan bahwa dalam penyerahan BLT DD yang ke-2 ini semuanya berjalan lancar.

“Alhamdulillah dalam penyerahan BLT DD ke-2 ini berjalan lancar dan aman,” ujarnya.

Sementara itu menurut Ma Uneh, Nenek janda yang berumur hampir satu abad mengucapkan terima kasih atas bantuan BLT yang diterimanya, hal tersebut diungkapkannya dihadapan rombongan Kades Sindanglaya beserta jajarannya dan RT, RW yang datang mengunjungi kediamannya.

“Hatur nuhun kasep geulis tos kersa mantosan ema (terima kasih ganteng cantik sudah mau membatu ema),” ucap Ma Uneh dengan muka berkaca-kaca saat mengatakan rasa terima kasihnya kepada para staf Desa dan RT, RW yang ada.

Ma Uneh sendiri kini dirawat oleh salah satu anaknya yang bernama Nasih (54), Nasih sendiri berstatus janda mempunyai 7 anak.

Ma Uneh dan Nasih dinafkahi oleh anak-anak Nasih yang bekerja dipabrik, dengan adanya bantuan yang tepat sasaran warga akan sangat terbantu untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Sedangkan dalam pantauan Fakta&Realita dilapangan masih banyak bantuan yang tidak tepat sasaran seperti Bansos BLT Kemensos yang data kependudukannya tidak update.

Dalam 9 bantuan yang dikeluarkan pemerintah apabila menggunakan 100% data kependudukan dari Desa dan Kelurahan maka kemungkinan besar semua warga yang status ekonominya dibawah sejahtera akan tercover semuanya.

Sebilan bantuan sosial dari pemerintah yaitu :
1. Kartu Program Keluarga Harapan (PKH).
2. Kartu Sembako.
3. Kartu Prakerja untuk pengangguran atau Korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).
4. Dana Desa bagi warga di pedesaan.
5. Bantuan Presiden untuk warga perantau (Rp 600 ribu selama 3 bulan).
6. Bantuan Sosial Kementerian Sosial (Rp 600 ribu selama 3 bulan).
7. Bantuan Provinsi (Rp 500 ribu selama 3 bulan).
8. Bantuan Pemerintah Kota/Kabupaten.
9. Bantuan nasi bungkus untuk warga tidak memiliki KTP atau anak jalanan.

Reporter : Wita | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.