H. Eep: Mencari Pemimpin itu harus yang Amanah dan Memiliki Kapabilitas dalam Memimpin

oleh -364 Dilihat
oleh

Kab. Bandung, Fakta dan Realita-

 

H. Eep Jamaludin Sukmana, salah satu tokoh islam kenamaan menyatakan, mencari sosok seorang pemimpin dalam ajang pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan dilaksanakan tanggal 20 Oktober 2021 nanti, harus memenuhi kriteria sesuai dengan penjelasan dari Rasulullah SAW.Selasa 19/10/21

“Adapun tiga kriteria pemimpin yang  amanah, yang pertama, seseorang yang tidak terlalu berambisi untuk menduduki jabatan, apalagi sampai menghalalkan segala cara demi mendapatkan kekuasaan atau jabatan,” ucapnya.

Sesuai dengan hadist sahih yang diriwayatkan Abu Musa al-Asy’ari, Rasulullah saw bersabda: Abu Musa berkata: Suatu ketika aku menghadap Nabi SAW bersama dua orang dari kaumku. Salah satu dari mereka berkata: “Wahai Rasul, angkatlah aku jadi pemimpin.” Dan seorang lagi juga mengatakan hal yang sama. Kemudian Rasulullah saw. bersabda: “Sungguh kami tidak akan menyerahkan kepemimpinan ini kepada orang yang memintanya, dan tidak pula kepada yang berambisi untuk meraihnya. (HR. Bukhari).

Hadist itu, lanjutnya, telah membuktikan kalau menjadi pemimpin yang amanah itu bukan karena ambisi atau meminta, melainkan ditentukan oleh masyarakat berdasarkan kepercayaan akan tanggung jawabnya kelak jika terpilih jadi pemimpin,” katanya usai pengajian di Madrasah Al Ghifari RW07 Kampung Sindang Rasa Desa Sukawening, Senin kemarin (18/10/2021).

Kedua, lanjutnya, kriteria pemimpin yang amanah sebagaimana diajarkan Rasulullah adalah seseorang yang taat ibadah, memiliki kapabilitas dalam memimpin, dan mempunyai relasi sosial yang baik dengan masyarakat.

Ketiga, pemimpin yang amanah adalah seseorang yang hidup sederhana sesuai kebutuhannya. Meski pun tidak tertutup kemungkinan para Calon Kepala Desa ada yang merupakan orang kaya, tapi dalam.l kesehariannya, prilakunya, ucapannya lebih mencerminkan kerendahan hati dan mau bergaul dengan siapa saja.

“Dari semua itu, kami berharap, para Cakades terpilih bisa memiliki ketiga kriteria tersebut. Sehingga roda pemerintahan di wilayah atau desa bisa berjalan sesuai dengan harapan,” pungkasnya. ***

No More Posts Available.

No more pages to load.