Kabid SD Disdik Garut Upayakan Pembelajaran Tingkat SD Berjalan Lancar

oleh -119 Dilihat
oleh

Garut, Fakta dan Realita-

DUNIA Pendidikan di kabupaten Garut khususnya untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) saat ini tengah dihadapkan pada permasalahan yang dilematis akibat adanya pandemi Covid-19. Sampai dengan hari ini, siswa SD di Garut masih belum diperbolehkan untuk belajar secara tatap muka karena pemerintah khawatir kalau para tunas bangsa tersebut menjadi sasaran virus mematikan ini.

Kepala Bidang SD Dinas pendidikan (Disdik) kabupaten Garut, Entib Satibi, S.Ip, M.M.Pd mengatakan, meski kabupaten Garut statusnya zona kuning, namun untuk SD pembelajaran secara tatap muka masih belum memungkinkan.

“Kita masih menunggu, minggu depan baru pembelajaran untuk SMA/SMK yang diberlakukan tatap muka, dan itu pun diberlakukan 2 Shift karena harus menjaga jarak. Bila ini berhasil baru melangkah ke jenjang SMP, dan jika SMP pun lancar, berikutnya baru lah jenjang SD dibuka,” kata Kabid SD yang baru dipromosikan Bupati Garut belum lama ini.

Menurutnya, para orangtua siswa jangan khawatir dengan situasi pembelajaran sekarang ini karena pihak Disdik Garut akan terus berupaya untuk memberikan solusi yang terbaik agar pembelajaran berjalan dengan lancar walau pelaksanaannya di rumah.

Foto: Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, H. Entib Satibi, S.Ip, M.M.Pd di ruangan bidang SD Disdik Garut.

“Sejak menjadi Kabid SD, hampir setiap hari melakukan monitoring ke berbagai kecamatan berbeda, kemarin saya ke Cibalong, Cikelet dan pameungkeuk guna memastikan kegiatan belajar anak-anak SD berjalan baik,” ungkapnya.

Entib menjelaskan, selain melalui sistem online (daring), bidang SD sesuai instruksi Kedisdik Garut juga menyelenggarakan guru kunjung. Guru kunjung ini dilakukan mengingat tidak semua anak-anak SD punya HP. Dan jikapun ada HP kadang jaringannya susah karena kondisi tofografi kabupaten Garut yang begitu luas dan berbukit-bukit.

“Selain cara tersebut, kita pun akan mencoba menggunakan fasilitas pembelajaran melalui radio, dan sekarang sedang kita jajaki sejauh mana keefektifannya, kalau bagus kita akan terapkan juga,” tambahnya.

Lebih jauh saat ditanya redaksi Fakta dan Realita terkait kesan dirinya setelah dilantik Bupati Garut sebagai Kabid SD Disdik Garut, Entib mengucapkan rasa terimakasih sebesar-besarnya kepada Bupati Garut atas amanah yang telah diberikan, semoga dengan jabatannya sekarang ini bisa lebih memberikan kebermanfaatan kepada semua orang.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur kepada Alloh SWT atas nikmat-Nya, terimakasih pak bupati, Insya Alloh saya akan menjaga amanah ini dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.