Kisah Mak Dewi seorang Nenek yang Berjalan Sejauh 1 KM Demi Menyuapi Para Prajurit TMMD

oleh -55 Dilihat
oleh

Garut, Fakta dan Realita-

Dibalik kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Kodim 0611/Garut pada hari sabtu, 4 Juli 2020 kemarin, ada sepenggal kisah tentang “betapa besarnya cinta dan kasih sayang seorang Ibu kepada anaknya”.

Ungkapan tersebut tertuju pada sosok Mak Dewi (73) warga Kampung Babakan Cau, kecamatan Cibatu kabupaten Garut, yang terlihat berjalan menghampiri semua prajurit satgas TMMD yang sedang bekerja membangun jalan.

Dengan wajah penuh kasih sayang bak seorang ibu kepada anak kandungnya, Mak Dewi menyuapi satu persatu prajurit satgas TMMD dengan kue donat dan gorengan yang beliau bawa.

Sungguh pemandangan yang luar biasa dan menyentuh hati, dimana seorang ibu dengan usia 73 tahun yang seharusnya beristirahat, ini malah rela berjalan kaki dari rumahnya ke lokasi TMMD yang berjarak 1 KM hanya sekedar memberi makan para prajurit satgas TMMD.

Kejadian yang mengharukan ini berawal dari seringnya Mak Dewi melihat banyak Tentara lalu lalang di kampungnya, tiap pagi Tentara-Tentara itu berjalan di depan rumahnya dan mereka pulang pada sore harinya, yang juga melewati rumahnya.

Dengan rasa penasaran Mak Dewi mencari tahu tentang keberadaan para  tentara di daerahnya tersebut. Setelah tahu bahwa di daerahnya sedang ada pembangunan melalui TMMD, Mak Dewi pun sangat bersyukur dan gembira.

Dengan jiwa keibuannya, Mak Dewi bertekad ingin ke lokasi tentara yang sedang bekerja membangun desanya. Untuk itu dengan makanan seadanya nenek itu pun pergi berjalan menuju ke lokasi TMMD.

Mak Dewi menyadari pekerjaan para Prajurit TNI dalam membangun Desanya tidaklah mudah. Dengan bermodalkan perasaan cinta kasih seorang ibu yang begitu tulus, meski makanan alakadarnya yang ia bawa, Mak Dewi dengan spontanitas menyuapi para prajurit yang sedang bekerja satu persatu.

Mungkin jika diterjemahkan dari raut wajah Mak Dewi, Ia seakan-akan berkata “biarkan tanganmu kotor nak, agar tiap debu yang melekat di tangan dan badanmu menjadi saksi atas kesetiaanmu pada negara ini, dan biarkan ibumu ini memberimu kekuatan dengan tangan ini sebagai tanda ibumu selalu menyayangimu dalam suka maupun duka,”.

Diketahui  TMMD ke-108 wilayah Kodim 0611/Garut dilaksanakan di desa Wanakerta, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut. Dalam pelaksanaan TMMD ke-108 kali ini, telah menyadarkan kita akan banyak hal.

Kemanunggalan antara TNI dan warga, serta adanya cinta kasih sayang yang diperlihatkan oleh seorang nenek berusia 73 tahun yaitu Mak Dewi, tentunya menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kita semua terutama bagi generasi bangsa di negeri ini untuk senantiasa terus berkarya dan membangun dengan tanpa mengesampingkan rasa kemanusiaan.

Reporter:Wa’Oded/Wita|Editor: Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.