Menristek Bambang Brodjonegoro: Selama Belum Ada Vaksin dan Obat Spesifik, Mau Tak Mau New Normal

oleh -135 Dilihat
oleh

Garut, faktadanrealita.com-

MENTERI Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek-BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan selama belum ada vaksin atau obat Covid-19 masyarakat harus siap hidup berdampingan dengan virus tersebut.

Hal itu disampaikan Bambang dalam dialog virtual bertajuk ‘Peneliti/Perekayasa Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19’, Senin (18/5/2020).

“Saya tidak melihat kapan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) mau disetop segala macam. Selama vaksin belum ditemukan, obat spesifik belum ditemukan lebih baik kita menyiapkan diri untuk hidup dengan Covid-19,” kata Bambang.

Artinya kita bergerak pada paradigma new normal (era normal baru). Artinya kebiasaan baru,” sambung dia.

Menurut Bambang, saat ini juga ada beberapa virus yang belum ditemukan vaksin maupun obatnya.

Namun masyarakat, masih bisa hidup berdampingan dengan virus tersebut.

“Tapi kan kita bisa hidup dengan demam berdarah kita bisa hidup dengan HIV. Dengan segala macam, kenapa? Demam berdarah ada terapinya ya dengan transfusi darah misalkan,” ujarnya.

Bambang mengatakan, penerapan era normal baru pemerintah juga bisa dimanfaatkan sebagai waktu untuk melakukan penelitian terkait Covid-19.

Salah satunya bisa dilakukan untuk penelitian di bidang humaniora apabila dalam skenario terburuk vaksin dan obat belum bisa ditemukan.

“Maka penelitiannya sudah bicara yang lebih ke depan. Lebih forward jadi tidak melihat dampak PSBB lagi tapi melihat bagaimana nanti bentuk misalkan new normal misalkan sesuai daerah,” ungkap Bambang.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyebut pemerintah akan mulai mengatur agar kehidupan masyarakat kembali normal meski pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Jika kehidupan normal yang baru ini sudah diterapkan, pemerintah pun mengizinkan berbagai sektor usaha untuk beroperasi kembali.

“Iya tentu saja nanti kalau sudah diputuskan, sektor-sektor usaha yang tutup dapat berangsur-angsur dibuka kembali,” kata Jokowi dalam siaran pers, Jumat (15/5/2020).

Reporter : WH | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.