Nota Kesepakatan Ditanda tangani Pemkab Garut Bersama Kemenko Perekonomian dan PT. KAI Logistik

oleh -329 Dilihat
oleh

Garut, Fakta dan Realita-

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Garut, melaksanakan nota kesepakatan dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia dan PT. KAI Logistik yang dilaksanakan di Ruang Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (24/8/2021). Acara ditandai dengan penandatangan nota kesepakatan antara kedua belah pihak.

Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, SH, MH atas nama pemerintah Kabupaten Garut mengucapkan terima kasih kepada pihak Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia yang telah membimbing Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut dalam hal sistem perdagangan.

“Tentunya kami sangat berterimakasih terutama ini kepada Kementerian Perekonomian karena telah membimbing Garut di antaranya kemarin Eptilu itu sudah menjadi bagian dari sistem perdagangan yang berbasis elektronik dan berorientasi eksport yang kemarin kami mendapatkan penghargaan dari Bapak Menteri Pertanian,” kata Rudy.

Rudy juga berterimakasih karena berkat bimbingan dari Kemenko Perekonomian, program _close loop_ dari Pemkab Garut bisa diadopsi oleh Kementerian Pertanian, dalam rangka meningkatkan sistem pembangunan pertanian yang terintegrasi dan melibatkan semua unsur pentahelix.

Menurut Rudy, pemasaran dari hasil produk bisa terbantu dengan adanya transportasi kereta api dikarenakan kereta api dinilai lebih efektif dan efisien serta bebas hambatan.

“Kami berterimakasih kepada Kementerian Perekonomian yang telah memberikan bimbingan kepada Pemerintah Kabupaten Garut dan PT. KAI khususnya PT. KAI transportasi yang ada kerja sama dengan Pemerintah Garut, insyaallah ke depan kita melakukan langkah-langkah konkret untuk melakukan sosialisasi ke daerah-daerah industri supaya aman bisa menggunakan kereta api,” tuturnya.

Sementara, Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Hortikultura Kemenko Perekonomian, R.R. Yuli Sri Wilanti mengapresiasi atas upaya Pemkab Garut untuk mendukung reaktivasi kereta api di Kabupaten Garut.

“Luar biasa bapak bisa menginspirasi dan mengajak semua stakeholder mendukung termasuk juga Kementerian BUMN dan juga KAI untuk melakukan reaktivasi di Garut, waktu itu juga kemudian gimana nanti Garut stasiun yang sudah direaktivasi ini utamanya yang pertama melakukan uji coba untuk mengangkut bahan pangan,” ucapnya.

Plt. Direktur Utama PT Kereta Api Logistik, TLN Ahmad Malik Syah menyebutkan, pihaknya telah melakukan uji coba terhadap Kereta Api Logistik yang akan digunakan untuk pengiriman barang atau hasil produksi dari Kabupaten Garut.

“Alhamdulillah kami diberikan kesempatan untuk menjadi bagian ini, dan perlu kami laporkan juga tadi malam sudah diujicoba langsung, Alhamdulillah angkutan itu kita jalankan (berangkat) di jam 22.40 kurang lebih, Alhamdulillah (sampai) di Stasiun Senen Jakarta kurang lebih jam 4.30 pagi, dan sudah diterima di Farm Eden di Jakarta kurang jam 9 pagi ini,” pungkas Bupati Garut.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.