Tingkatkan Mutu Pendidikan, Garut Kota Resmi Launching “GEMILANG”

oleh -65 Dilihat
oleh

Garut, Fakta dan Realita-

DUNIA Pendidikan di Kabupaten Garut mencatat sejarah baru, seiring dengan pelaksanaan Launching GEMILANG oleh Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman yang disaksikan secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Totong S.Pd, M.Si, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota, Hj. Anita istiani, S.Pd, M. Pd, Kepala SD se-Kecamatan Garut Kota dan Para Tamu undangan lainnya, Selasa 5 Oktober 2021, bertempat di Hotel Harmoni, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

 

Pelaksanaan launching GEMILANG, ditandai dengan Penandatanganan MoU antara Dinas Pendidikan Kecamatan Garut Kota dengan dua Perguruan Tinggi ternama di Garut, yakni Institut Teknologi Garut (ITG) dan Universitas Garut (Uniga) dan Seminar bertajuk “Leadership Management For Education” yang dibawakan oleh pembicara kondang, Yendra R Pamungkas.

 

GEMILANG (Gerakan Edukatif Motivatif Inovatif Literatif Adaptif New Normal Garut Kota) adalah sebuah inovasi pembelajaran terbaru dari Dinas Pendidikan Kecamatan Garut Kota, dalam rangka menghadapi tantangan dunia pendidikan di abad 21 dan masa pandemi Covid-19.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, saat diwawancarai awak media usai Launching GEMILANG menyebutkan, dalam situasi dunia pendidikan yang terganggu oleh adanya pandemi covid-19, GEMILANG merupakan solusi atau jawaban dari problem yang sedang kita hadapi saat ini.

 

“Mengutip apa yang disampaikan Rektor ITG tadi. Dalam situasi seperti ini, diperlukan semacam strategi atau inovasi, terutama terkait peningkatan kompetensi guru. Dengan GEMILANG diharapkan para guru, orangtua, dan peserta didik dapat lebih optimis, sehingga pendidikan akan serta merta berjalan dengan baik,” kata Wabup Helmi.

 

Diakui Wabup, apa yang digagas Korwil Pendidikan Garut Kota, Kepala Sekolah dan Guru terkait GEMILANG ini, tentunya patut dijadikan contoh dan bisa menjadi acuan kecamatan lainnya dalam memajukan dunia pendidikan.

“Saya sangat mengapresiasi program GEMILANG Kecamatan Garut Kota ini. Intinya, Garut Kota memiliki kemauan untuk memajukan dunia pendidikan,” ungkapnya.

 

Wabup juga menyampaikan, terkait kegiatan pembelajaran sistim daring (online), yang seringkali terkendala soal jaringan, pihaknya saat ini tengah berusaha mengatasinya, dengan membangun fasilitas jaringan internet di seluruh wilayah kabupaten Garut.

 

“Pemkab Garut telah mengeluarkan anggaran sebesar 10 milyar untuk membangun jaringan internet di semua wilayah yang ada. Mudah-mudah dalam waktu dekat ini bisa secepatnya selesai, sehingga tidak ada lagi kendala jaringan,” ucapnya.

Wabup menambahkan, mengingat kondisi keuangan kabupaten Garut sedang defisit, seperti yang telah disampaikan Bapak Bupati beberapa waktu lalu, bahwa dana perimbangan pusat untuk Garut berkurang 300 milyar akibat terimbas refocusing anggaran, maka diperlukan partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan termasuk pendidikan.

 

“Jadi, Pemkab Garut yang membangunkan fasilitasnya, lalu seterusnya masyarakatlah yang melanjutkan pemeliharaannya. Dalam kondisi sekarang ini, masyarakat dituntut lebih mandiri, tak boleh terlalu bergantung pada pemerintah,” tegasnya.

 

Wabup berpesan, sudah seharusnya kalau para guru berusaha sekuat tenaga memberikan pembelajaran yang terbaik bagi anak didiknya. Alasannya, karena anak-anak adalah aset bangsa yang begitu berharga, maka dari itu, para guru pun harus bisa menjaga aset tersebut.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Korwil Pendidikan Garut Kota, Anita Istiani kepada para awak media mengatakan, syukur alhamdulillah pada hari ini launching GEMILANG dengan agenda penandatanganan kontrak kerjasama (MoU) antara Dinas Pendidikan Kecamatan Garut Kota dengan 2 perguruan tinggi yakni ITG dan Uniga Garut telah dilaksanakan.

 

“Sesuai dengan tujuan diadakannya GEMILANG, usai MoU hari ini, guru-guru di Garut Kota akan mengikuti pelatihan dengan melibatkan dua perguruan tinggi itu. Dengan adanya  pelatihan, saya berharap kemampuan guru-guru akan lebih meningkat, termasuk mahir dalam segi IT-nya, sehingga pendidikan di Kecamatan Garut Kota nantinya bisa lebih maju lagi dari sekarang,” jelas Anita.

 

Anita menuturkan, GEMILANG ini memiliki motto ‘Dari Garut Kota untuk Pendidikan Garut yang Lebih Baik’. Maksudnya, kita mempunyai cita-cita  agar pendidikan di Kecamatan Garut Kota menjadi lebih maju dan bahkan yang terdepan di Kabupaten Garut.

“Pada intinya, dengan GEMILANG ini kita akan bangkitkan seluruh potensi yang ada, baik itu guru maupun peserta didik agar bisa mendongkrak mutu pendidikan secara menyeluruh,” ungkap Anita.

 

Anita berharap, Kepala Sekolah, Guru, Orangtua dan para peserta didik, semuanya dapat berperan aktif dalam menyukseskan GEMILANG sehingga apa yang menjadi keinginan kita kedepannya dalam mencapai kemajuan pendidikan, bisa benar-benar terlaksana dengan baik dan lancar.

 

Anita juga mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, Kadisdik Garut, Totong, Perwakilan perguruan tinggi (Rektor ITG dan Uniga) dan segenap Kepala sekolah dan guru, yang telah hadir dan mendukung terlaksananya launching GEMILANG ini.

“Sejujurnya merasa bangga, karena Garut Kota menjadi kecamatan pertama di Kabupaten Garut yang bisa menggelar acara pendidikan sebesar ini ditempat yang representatif. Terimakasih semuanya, saya sampai kehilangan kata untuk diucapkan. Pokoknya, saya mengajak kepada semuanya, mari bersama-sama bahu-membahu menyukseskan program GEMILANG ini,” pungkasnya.

 

Terpantau oleh Media Fakta dan Realita, pelaksanaan launching GEMILANG tampak berjalan dengan lancar, yang mana seluruh peserta yang hadir terlihat patuh terhadap aturan protokol kesehatan yang diterapkan. Launcing GEMILANG ini dihadiri oleh Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, Kadisdik Garut Totong, Korwil Pendidikan Garut Kota Anita Istiani, Ketua PGRI Garut Kota Rahmat bersama pengurus, Ketua K3S Garut Kota, Ketua Panitia GEMILANG  Dr. Hanny bersama anggota, Perwakilan Kepala SMP, Kepala SD se-kecamatan Garut Kota dan Perwakilan Guru.

 

Redaksi FR

No More Posts Available.

No more pages to load.